Sabtu, 06 November 2010

Informasi Mengenai Jenis-Jenis Kapal


Informasi Mengenai Jenis-Jenis Kapal


Kapal adalah sebuah kendaraan pengangkut penumpang dan barang yang bergerak di air. Sebuah kapal biasanya dapat memuat perahu kecil, yaitu kendaraan air yang ukurannya lebih kecil.
Selama bertahun tahun bahkan berabad abad kapal telah membawa manusia mengarungi sungai atau lautan lepas untuk mencari sesuatu yang baru.
Sebelum tercipta kapal, manusia menggunakan rakit atau kano, yaitu beberapa bamboo atau kayu yang dijadikan satu kemudian diikat satu sama lain, sedangkan kano adalah terbuat dari batang kayu besar dan hanya memuat satu orang saja dan tidak bisa di gunakan untuk perjalanan jauh.
Penggeraknya masih menggunakan dayung, yaitu kayu panjang yang dimasukkan ke dalam laut. Kemudian beralih kepada angin dengan bantuan layar, yaitu kain besar yang diberdirikan di atas sebuah kapal.
Setelah muncul revolusi industri, mesin uap muncul dan digunakan sebagai penggerak kapal. Setelah berabad abad menggunakan laut sebagai sarana transportasi, di awal abad 20 manusia menemukan bahwa selain laut dan darat juga masih ada sarana yang lain, yaitu udara. Terciptalah pesawat terbang yang dapat membawa manusia pergi ke suatu tempat dengan melalui udara.
Bagian-bagian utama kapal :
  1. Smokestack atau cerobong
  2. Buritan
  3. Propeller dan kemudi
  4. Portside (sebelah kanan dikenal sebagai starboard)
  5. Jangkar
  6. Bulbous bow
  7. Haluan
  8. Geladak
  9. Anjungan
Sejarah adanya kapal seiring dengan sejarah petualangan manusia. Pada masa neolitikum sudah ada perahu yang pertama kali dikenalkan yaitu sekitar 10 ribu tahun yang lalu. Fungsi dari kapal itu sendiri hanya terbatas bergerak di atas air saja, seperti berburu dan memancing ikan.
Kemudian manusia menemukan bintang sebagai alat bantu untuk menentukan arah, kemudian kompas pun ditemukan untuk menentukan arah mata angin yang membuat manusia dapat bepergian ke tempat yang lebih jauh.
Berdasarkan alat penggeraknya, kapal terdiri dari :
  1. Kapal Layar

    Menggunakan layar sebagai alat geraknya. Kapal jenis ini sangat tergantung kepada angin. Kapal seperti ini hanya digunakan untuk membawa barang dalam jarak dekat.

  2. Kapal Jet Propulsion

    Kapal ini menggunakan alat penggerak berupa jet propulsion, yaitu dengan cara menghisap air melalui saluran di depan kemudian di dorong ke belakang dengan pompa sehingga menimbulkan jet air ke belakang.

  3. Kapal Baling-Baling

    Sesuai dengan namanya kapal ini menggunakan baling-baling sebagai alat untuk menggerakkannya. Baling-baling dipasang di belakang kapal sehingga dapat menimbulkan daya dorong yang cukup kuat untuk mendorong kapal. Kapal baling-baling ini masih digunakan sampai sekarang terutama oleh nelayan yang mencari ikan di laut.

  4. Kapal Paddle Wheel

    Menggunakan gaya tahanan air yang menyebabkan gaya dorong kapal (seperti dayung). Paddle wheel dipasang pada sisi kiri dan sisi kanan, sedangkan gerak putarnya dibantu oleh mesin. Kapal ini masih digunakan sampai sekarang di daerah yang mempunyai perairan yang tenang seperti danau, sungai sebagai kapal pariwisata.
Semakin berkembangnya teknologi maka variasi alat untuk menggerakkan kapal juga semakin beragam. Terkadang satu kapal menggunakan lebih dari satu penggerak.
Berdasarkan fungsinya, kapal dibedakan menjadi :
  1. Kapal Pesiar

    Kapal ini berfungsi untuk mengangkut penumpang sebagai pelayaran pesiar. Penumpang yang naik kapal pesiar ini hanya untuk menikmati suasana di lautan lepas. Kapal ini dilengkapi fasilitas seperti hotel berbintang, route pelayarannya juga akan kembali ke pelabuhan asal keberangkatan.

  2. Kapal penumpang

    Kapal ini juga mengangkut penumpang hanya dengan tujuan yang berbeda. Jika kapal penumpang bertujuan mengantarkan penumpang ke suatu tempat atau dari satu pulau ke pulau yang lain

  3. Kapal Ro Ro

    Kapal ini memuat kendaraan yang berjalan masuk ke dalam kapal. Kapal ini dilengkapi dengan pintu rampa yang menghubungkan ke dermaga apung ke dermaga.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More